Kamis, 10 Januari 2013

Segudang Manfaat Komik

Inilah beberapa manfaat yang bisa didapat anak dari membaca komik.
  • Merangsang imajinasi dan kreativitas
   Lewat gambar dan cerita yang disajikan, komik dapat merangsang imajinasi anak. Hal ini sangat baik untuk meningkatkan daya kreativitas anak karena ia aktif membiasakan otaknya bekerja. Imajinasi dan Kreativitas yang terangsang dengan baik ini pun sangat penting untuk meningkatkan potensi kerja otak kelak saat dewasa.

  • Pendidikan Moral
   Banyak pesan moral yang disampaikan di dalam komik. Misalnya, tentang kejahatan yang akan merugikan banyak orang dan akan selalu kalah oleh kebaikan, tentang kesetiakawanan, empati, ringan tangan, dan sebagainya. Pada anak tertentu, terutama yang suka baca komik, pesan-pesan moral lewat komik bisa sangat efektif dibandingkan lewat kata-kata.

  • Penyemangat Anak
   Banyak tokoh yang disajikan di dalam komik. Kita bisa ambil tokoh tersebut sebagai penyemangat anak untuk belajar, berbuat baik, meningkatkan prestasi, dan lainnya. komik tentang si genius yang berhasil menemukan formula ajaib misalnya. Formula tersebut bisa digunakan sebagai obat penyembuh penyakit. Nah, kita bisa menyemangati anak kalau ingin pintar seperti tokoh di dalam komik, maka ia harus belajar sungguh-sungguh.

  • Sosialisasi
   Jika anak suka mengoleksi komik, kita bisa mengajaknya bergabung dengan komunitas perkomikan. Kalau ia suka sekali dengan komik Manga. Nah, disini bisa menjadi ajang bersosialisasi anak. Ia pun bisa saling bertukar pinjam komik koleksi dengan sesama pecinta komik. Ia juga bisa belajar bagaimana mengatur komik-komiknya, menyusunnya, memeliharanya, dan sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar