Kamis, 31 Mei 2012

Penanganan Tepat Demam Dengue dan Demam Berdarah Dengue pada Anak

Demam Dengue (DD) dan Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang rentan diidab oleh anak-anak. Waspadai  terjadinya saat perubahan musim. Segera lakukan penanganan yang tepat saat anak terinfeksi.

Perubahan cuaca yang ekstrim belakang ini membuat siapapun tentan terserang penyakit, terutama anak-anak. Salah satu penyakit yang mudah menyerang anak pada musim pancaroba adalah DD dan DBD. Kedua penyakit tersebut sama-sama disebabkan oleh virus dengue. Virus ini ditularkan melalui gigitan nyamuk aedes aegypti.

Pada DBD, gigitan nyamuk ini menyebabkan kebocoran pembuluh darah sehingga keseimbangan cairan tubuh terganggu. Sedangkan pada DD, kebocoran pembuluh darah tidak terjadi sehingga umumnya keadaan sakitnya lebih ringan.

Demam pada infeksi virus dengue memiliki ciri khas yang disebut dengan demam pelana kuda. Yaitu demam mendadak tinggi pada tiga hari pertama, menurun dihari ke 4-5, kemudian naik kembali pada hari ke 6-7. Jika pada hari sakit ke 4-5 demam tidak segera di tangani dan asupan cairan tubuh tidak diberikan sesuai kebutuhan, maka anak akan mengalami kondisi shock.

Gejala shock bisa ditandai dengan melemahnya denyut nadi dengan frekuensi cepat, tangan dan kaki menjadi pucat dan dingin, hingga tekanan darah yang menurun drastis. Namun pada DD, di hari sakit ke 4-5 kebocoran pembuluh darah tidak terjadi, sehingga pasien biasanya masuk ke fase penyembuhan.

Gejala dan Penganannya

Anak yang terserang virus dengue dapat dikenali dari tanda-tanda pada fisiknya. Antara lain, panas yang mendadak tinggi (>39 derajat celcius), badan menjadi lemas, terasa mual dan muntah, serta mengeluh nyeri pada persendian.
Anak yang terinfeksi virus dengue harus ditangani dengan cepat dan tepat. Hal-hal yang dapat dilakukan antara lain :
  • Cukupi kebutuhan cairan tubuh anak setiap harinya.
  • penuhi kebutuhan vitamin dan zat gizinya.
  • pastikan anak beristirahat dengan maksimal dan cukup tidur.
  • Berikan obat penurun panas saat demam tinggi. Sebaliknya, pilih obat penurun panas yang mengandung parasetamol karena paling aman dan memliki efek samping paling minimal dibandingkan dengan jenis obat lainnya.
  • segera bawa ke rumah sakit terdekat jika terjadi gejala shock.

1 komentar:

  1. Harrah's Resort Atlantic City to reopen July 24 - JTM Hub
    ATLANTIC CITY, 성남 출장마사지 N.J. — 공주 출장샵 Harrah's Resort Atlantic City announced Monday that 화성 출장마사지 it will reopen 남양주 출장안마 its doors on 경상북도 출장안마 Thursday, July 24. The casino

    BalasHapus