Kamis, 10 Januari 2013

TIPs memilih Komik yang "AMAN"


Agar anak tetap mendapatkan manfaat dan terhindar dari dampak negatifnya, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan... :
  • Orangtua perlu memahami dunia komik, tak harus membaca keseluruhan komik namun memahami komik mana yang aman dan tidak aman untuk anak. saat ke toko buku tanyakan ke penjaga komik. komik mana yang ramah anak. tidak ada adegan kekerasan dan seksual, misalnya.
  • Cobalah membaca komik bersama anak. Lihatlah gambar dan alur cerintanya. apakah memang sesuai dengan usia anak atau tidak. sebaiknya tidak berusaha menyelidiki, melainkan membaca saja bersama-sama. Jika kita melihat ada yang kurang pas. kita bisa mengusulkan komik yang lain. "komik yang itu sepertinya lebih  bagus, kita ganti bukunya yuk!" misal.
  • Mungkin anak membeli sendiri komiknya tak usah dilarang kita hanya perlu memantaunya saja. Jika komik yang ia beli aman, berilah pujian. "Komik yang ini bagus lho, besok-besok beli yang seperti ini lagi ya!" jika ternyata ia membeli komik yang tak aman, usulkan untuk menggantinya dengan komik yang lebih aman.

0 komentar:

Posting Komentar