Rabu, 13 Juni 2012

Tanya Jawab Kesehatan Anak I


Narasumber : Dr. Rifan Fauzie, Sp.A.
RSAB Harapan Kita, Jakarta

Dokter, putra saya (11 bulan) berat badannya 7 kg. Menurut saya terbilang kurus, padahal makannya banyak sehari 3 kali dan minum susunya kuat. Dia juga selalu menghabiskan camilan yang saya berikan. Kenapa anak saya tidak bisa gemuk ya dok?

     Berdasarkan usinya, berat badan ideal si kecil seharusnya berada di antara 8-12,5 kg. Sayang sekali ibu tidak mencantumkan tinggi badannya saat ini mengingat berat badan anak proposional adalah yang sesuai dengan tinggi badannya.
     Apabila secara penampilan fisiknya tampak kurus berarti memang saat ini berat badannya masih di bawah normal. Sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter dan ahli gizi agar dapat dievaluasi apakah asupan makan setiap hari sudah sesuai dengan kebutuhannya saat ini. Sebab, kenaikan berat badan si kecil ditentukan oleh beberapa faktor, seperti asupan nutrisi yang optimal, kondisi yang mempengaruhinya seperti penyakit, daya tahan tubuhnya (status imunisasi), dan sebagainya.

1 komentar:

  1. dok,anak aq usia 6bln sakit gatal-gatal kemerahan disertai bintik-bintik di setiap lipatan-lipatan kulitnya,dan anaknya memang gemuk,dah saya obatin pakai bedak,kanji,salep,dan yang terahir ma baby oil,masih tetep ja bahkan tambah parah dan tambah menjalar kemana-mana ,yang paling parah di bagian leher ma pangkal paha.saya minta tolong banget dok, apa solusi buat gatal-gatal anak,soalnya kasihan banget,rewel terus anak nya.trims

    BalasHapus